Saturday, August 25, 2007

Buang Milyaran Receh Setiap Hari?

Sadarkah Kita, bahwa setiap harinya membuang receh hingga mencapai 10 digit ke jalanan? Mari kita berhitung! Jumlah anak jalanan di Jabodetabek saat ini berdasarkan data terakhir dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencapai 75.000 orang. Pendapatan mereka seharinya bisa mencapai Rp 20.000. Bila Rp 20.000 dikalikan 75.000, berarti kita membuang uang receh (cepek, gopek, seceng) sebesar 1.500.000.000 alias 1,5 milyar perhari!

Kita membuat mereka betah di jalan!
Perhitungan matematis di atas menimbulkan pertanyaan ironik yang besar. Bisa jadi kitalah yang membuat anak-anak itu betah di jalan. Dengan mengamen, mengemis, atau menyodorkan amplop - satu anak jalanan usia SD bisa memiliki penghasilan beda tipis dengan lulusan diploma. Begitu mudah! Tanpa perlu capek-capek sekolah, susah-susah melamar kerja, toh hasilnya sama. Sungguh tidak fair buat mereka yang sudah berusaha lebih besar dan lebih banyak.

Jajan, main PS dan setoran
Mari dukung dan sepakat dengan himbauan Pemda DKI Jakarta, MUI dan salah satu program UNICEF, yakni berhenti memberi uang kepada anak-anak jalanan. Uang yang diperoleh anak-anak marjinal ini, sebagian besar tidak mendukung peningkatan kesejahteraan mereka. Jajan, ada di peringkat pertama; main PS atau gim lainnya, menjadi pilihan kedua; terakhir, Setoran ke orang tua atau inang sebagai pelindung mereka di jalanan. Jadi, bocah-bocah ini pun tetap miskin, tetap terancam putus sekolah dan tetap berkeliaran di jalan.

Siapkan biskuit, permen, susu kotak
Setelah memahami penjelasan di atas, keputusan kembalik kepada kita semua. Mari, menjadi sahabat anak yang tidak memanjakan, tapi melakukan tindakan serta bantuan yang langsung bisa mereka nikmati. Sebagai pengganti uang receh, berikan mereka nutrisi bergizi atau barang layak pakai. Mulai sekarang, sediakan dalam tas atau mobil Anda: biskuit, permen, buah, susu kotak/ botol, atau barang-barang bermanfaat lainnya - yang langsung bisa diberikan saat tangan-tangan kecil itu menengadah di dekat kita.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails